Update Perkiraan Cuaca, Mewasadai Munculnya Madden dan Rossby

  Alam

Dinamika atmosfer yang kurang stabil akan menumbuhkan awan hujan hingga cuaca yang ektrem. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melihat adanya dinamika atmosfer yang kurang stabil. Fenomena ini akan berpotensi menimbulkan cuaca ekstrem. Awan hujan ini akan merubah cuaca menjadi kurang baik, ditambah adanya madden julian oscilliation (MJO) dan gelombang rossby yang terjadi di wilayah Indonesia. Mengenal MJO yang bisa berdampak pada cuaca, hujan lebat bisa terjadi dan menyebabkan tanah longosor, banjir dan muncunya angina besar. Potensi bencana yakni hidrometeorologi di setiap wilayah di Indonesia. Diantara wilayah yang pernah mengalami adalah Mandiun, Ngawi, Ponorogo dan wilayah Jawa Timur lainnya, seperti update perkiraan cuaca yang dilakukan BMKG.

Curah hujan yang terjadi bisa mencapai 150 mm/ hari. Meratanya bencana ini terjadi di Indonesia. Sering sampai meliputi wilayah Indonesia bagian tengan. Misalkan NTB, Sulawesi selatan dan papua. Hadirnya cuaca ektrim ini menjadi waspada bagi semuanya masyarakat. Ternyata intensitas hujan yang tinggi bisa menjadikan bencana bagi semuanya. MJO sebagai fenomena gejala bencana memiliki hubungan dengan Rossby. Bertemuanya keduanya akan menyebabkan terjadinya amplifikasi sirkulasi monsun. Bertemunya akan berdampak buruk pada kondisi, khususnya di wilayah tropis. Penjelasannya bahwa hal ini ada pertemuan atmosfer dan lautan secara menyeluruh. Waktunya dari 30-90 hari. Kondisi ini akan menyebabkan kondisi curah hujan besar.

Update Perkiraan Cuaca dan Dampak MJO

Update Perkiraan Cuaca, Mewasadai Munculnya Madden dan Rossby
  1. Saat MJO masuk di Indonesia, maka akan menjadikan curah hujan tinggi. Peningkatan suplai uap hasil dari air hujan akan berkontribusi pada pembentukan awan hujan. Ditambah saat hal ini terjadi pada saat musim penghujan. Maka akan sangat berpengaruh pada curah hujan yang sangat tinggi. Hal ini akan menjadikan wilayah yang minim resapan air menjadi banjir. Di Indonesia bisa terjadi di wilayah DKI Jakarta, sebagai langganan banjir. Maka dalam konteks ini harus menjadi perhatian khusus untuk merekayasa terjadinya fenomena ini. BMKG tentunya memiliki upaya untuk meminimalisir terjadinya perubahan cuaca.
  2. Ada informasi awal yang sering dilakukan oleh BMKG. Prakiraan cuaca bisa diakses melalui internet dengan mudah. Masyarakat tidak perlu khawatir, khususnya jika adakan terjadi bencana. MJO yang menimbulkan curah hujan tinggi dikhawatirkan akan datang bersama angina. BMKG saat update perkiraan cuaca akan memberikan informasi yang jelas kepada masyarakat. Informasi ini bisa dilakukan di televise, youtube, instagram, dan WA group. Hal ini akan menjadikan kebaikan bagi bersama, khususnya bagi masyarakat di seluruh Indonesia. Peringatan dini dari BKG, menjadi perhatian khusus bagi masyarakat untuk selalu waspada. Potensi cuaca yang buruk akan meyebabkan berbagai macam bencana yang perlu diketahui.
  3. Tidak hanya hujan lebat, angin kencang dan tanah longsor juga bisa terjadi. Jika terjadi ini akan sangat menganjam nyawa bagi daerah yang dilanda. Sebagai masyarakat, tentu bisa menyimak berbagai informasi saat akan terjadi bencana. Bentuk bencana ini bisa dengan tiba-tiba seperti gempa dan tsunami. Selanjutnya bencana yang bisa diprediksi seperti gunung meletus yang bisa melakukan antisipasi awal.

Manfaat Selalu Update Perkiraan Cuaca

Adanya banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari kita selalu melakukan update perkiraan cuaca yang dilakukan BMKG, Saat terjadi bencana kita bisa melakukan antisipasi secara masal. Karena jika terlambat akan terjadi korban meninggal berjatuhan. Misalkan seperti becana yang besat, seperti banjir bandang, gempa bumi dan tanah longsor. Ini menjadi perhatian bersama bagi masyarakat seluruh Indonesia.

LEAVE A COMMENT